Sunday, July 5, 2020

MENGINTERPRETASI LAPORAN HASIL OBSERVASI PERTEMUAN 1

Sebuah laporan hasil observasi dapat disajikan dalam bentuk teks tertulis maupun teks lisan. Kamu sering melakukan observasi atau pengamatan, tetapi belum memahami cara menyusun teks laporannya dengan baik.Untuk itu, kamu perlu memerhatikan penyusunan laporan hasil observasi yang kamu dengar atau kamu baca dari media televisi, koran, majalah, atau internet.

👉 PENGERTIAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

Teks laporan hasil observasi adalah suatu teks yang berfungsi untuk menjelaskan informasi tentang suatu objek yang telah diamati. Teks laporan hasil observasi juga disebut dengan teks klasifikasi karena berisi tentang klasifikasi mengenai jenis-jenis objek berdasarkan kriteria tertentu.

Teks laporan hasil observasi berbeda dengan teks deskripsi. Meskipun kedua teks tersebut sama-sama menyampaikan suatu informasi berdasarkan fakta, namun teks laporan hasil observasi bersifat umum. Teks laporan hasil observasi menjelaskan ciri, bentuk, atau sifat umum suatu objek berdasarkan fakta yang ada


Menggambarkan ciri, bentuk, atau sifat umum seperti benda, hewan, manusia, tumbuh-tumbuhan, atau peristiwa yang terjadi di alam semesta kita. Teks hasil observasi bersifat faktual atau berdasarkan fakta yang ada.

👉PENGERTIAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MENURUT AHLI

1. Nawawi dan Martini

Nawawi dan Martini menjelaskan bahwa observasi merupakan kegiatan mengamati, yang diikuti pencatatan secara urut. Hal ini terdiri atas beberapa unsur yang muncul dalam fenomena di dalam objek yang diteliti. Hasil dari proses tersebut dilaporkan dengan laporan yang sistematis dan sesuai kaidah yang berlaku.

2. Prof. Heru

Observasi merupakan pengamatan yang sebuah studi kasus atau pembelajaran yang dilakukan dengan sengaja, terarah, urut, dan sesuai pada tujuan. Pencatatan pada kegiatan pengamatan disebut dengan hasil observasi. Hasil observasi tersebut dijelaskan dengan rinci, tepat, akurat, teliti, objektif, dan bermanfaat.

3. Hanna Djumhhana

Observasi merupakan suatu metode ilmiah yang masih menjadi acuan dalam ilmu pengetahuan empiris sebagai cara yang sering digunakan untuk mengumpulkan data.

pengertian observasiSeorang anak sedang melakukan observasi terhadap kupu-kupu (sumber: perpusku.com)


4. Sutrisno Hadi

Observasi ialah proses yang kompleks, terdiri dari berbagai macam proses biologis maupun proses psikologis. Namun, proses yang paling penting ialah ingatan dan pengamatan.

5. Sudjana

Pengertian observasi adalah metode penelitian untuk mengukur tindakan dan proses individu dalam sebuah peristiwa yang diamati.

6. Patton

Observasi merupakan metode yang akurat dalam mengumpulkan data. Tujuannya ialah mencari informasi tentang kegiatan yang berlangsung untuk kemudian dijadikan objek kajian penelitian.

7. Karl Welek

Observasi ialah pencatatan, pemilihan, penyusunan, penandaan, penggantian dari rangkaian proses tingkah laku dan suasana yang memiliki hubungan dengan organisasi tertentu.

8. Sugiyono

Sugiyono menyatakan bahwa observasi dalam arti sempit merupakan proses penelitian mengamati situasi dan kondisi.

9. Suharsimi Arikunto

Observasi merupakan pengamatan langsung terhadap suatu objek yang ada di lingkungan yang sedang berlangsung meliputi berbagai aktivitas perhatian terhadap kajian objek dengan menggunakan pengindraan.

10. Gibson dan Mitchell

Observasi merupakan teknik untuk menyeleksi dalam penentuan keputusan dan konklusi terhadap orang lain yang diamati.


🙅MENGIDENTIFIKASI ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

Berikut ini adalah contoh video teks laporan hasil observasi berjudul "Jamu Jaga Jasmani"

sumber: Watchdoc https://www.youtube.com/watch?v=qNPx_5qidEY&t=375s

Kalian diharapkan dapat menyimak film berikut ini dan memahami isi pada film tersebut dengan baik. Marilah berlatih mendengarkan laporan hasil observasi yang disampaikan! Supaya kalian dapat melakukan kegiatan mendengarkan dengan benar, gunakanlah alat bantu dengar headset/handsfree! Lalu, simaklah film tersebut dengan saksama!

Nah, setelah kalian melihat/menonton film tersebut kalian sudah dapat gambaran belum bagaimana teks laporan observasi itu?

Kira-kira informasi apa yang disampaikan yaa ... Mengapa jamu sangat digandrungi warga hayo ... Dan jenis jamu apa saja kira-kira yang pernah kalian nikmati?

🙅MENYUSUN RINGKASAN ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

Sebuah ringkasan pada dasarnya merupakan rangkaian pokok-pokok pikiran yang dirangkai menjadi satu dengan tetap memerhatikan urutan isi bagian demi bagian, dan sudut pandang (pendapat) pengarang tetap diperhatikan dan dipertahankan. Untuk menyusun sebuah ringkasan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membaca pemahaman isi teks, kemudian menemukan pokok-pokok isi informasi di dalamnya. Pokok-pokok isi sebuah teks dapat ditemukan dengan menemukan kalimat utamanya. Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya memiliki pokok pikiran atau gagasan utama yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Gagasan utama bersifat umum dan dapat melingkupi semua isi yang ada dalam sebuah paragraf. Sekarang, mari kita cari tahu apa itu kalimat utama dan gagasan pokok? Hayuk meluncur ...

Teks atau bacaan terdiri dari beberapa paragraf. Paragraf yang baik memiliki beberapa syarat. Syarat tersebut berisi hanya satu ide pokok atau gagasan utama. Dan gagasan utama ada di kalimat utama. Gagasan utama dalam sebuah paragraf dijelaskan oleh pikiran penjelas yang terdapat dalam kalimat penjelas. Pikiran penjelas tersebut dapat berupa alasan, bukti, keterangan, dan sebagainya. Dengan demikian, seluruh paragraf merupakan satu kesatuan utuh dari gagasan utama yang dikembangkan.

education-548105_1280


Gagasan utama merupakan unsur penting dalam paragraf. Paragraf yang baik hanya memiliki satu gagasan utama dan beberapa gagasan penjelas. Gagasan utama sering juga disebut gagasan pokok, ide pokok, atau pikiran utama. Dapat dikatakan bahwa gagasan utama merupakan inti paragrafPemahaman gagasan utama paragraf merupakan aspek penting untuk memahami isi paragraf secara menyeluruh.

Gagasan utama berada dalam kalimat utama. Dalam satu paragraf, kalimat utama merupakan kalimat yang lebih umum daripada kalimat-kalimat lainnya.

 Biasanya, kalimat utama terletak di awal atau di akhir paragraf.

Setidaknya ada 3 ciri kalimat utama:

  1. Bersifat umum 
  2. Kalimat yang dapat dijelaskan oleh kalimat lain 
  3. Kata kuncinya selalu diulang, baik secara langsung atau dengan kata ganti. 

Adapun simpulan dapat diketahui berdasarkan letak gagasan pokok. Untuk memudahkan pencariannya, kita bisa mencari ide pokok tiap-tiap paragraf. Selanjutnya dirangkai ide pokok tersebut menjadi satu kalimat.

Contoh :

(1) Bukan berlebihan bila dikatakan bahwa Indonesia merupakan negeri yang kaya. (2) bukan hanya kaya alamnya, tetapi juga budayanya. (3) alamnya sudah jelas terlihat dari banyaknya hutan, luasnya lautan, hingga pemandangan yang begitu elok. (4) Sementara itu, flora dan faunanya juga sangat beragam.


Dari ke empat kalimat tersebut yang menjadi kalimat utama atau gagasan utama adalah kalimat yang di tandai nomor (1).

Pembahasan:

Kalimat utama pada paragraf di atas terletak di awal paragraf yang ditandai dengan nomor (1). Karena kalimat tersebut merupakan kalimat yang bersifat umum dan dapat dijelaskan oleh kalimat lainnya yang terdapat pada kalimat nomor (2), (3), (4).


Pola Letak kalimat utama

  • Kalimat utama terletak di awal paragraf.
    Kalimat utama,       (Umum)
    Kalimat penjelas,    (Khusus)
    Kalimat penjelas.    (Khusus)

  • Kalimat utama terletak di akhir paragraf
    Kalimat penjelas.     (Khusus)
    Kalimat penjelas.     (Khusus)
    Kalimat utama.        (Umum)

  • Kalimat utama terletak di awal dan akhir paragraf
    Kalimat utama.        (Umum)
    Kalimat penjelas      (Khusus)
    Kalimat penjelas      (Khusus)
    Kalimat utama.         (Umum)


Dalam kalimat utama tersebut terdapat gagasan utama yakni Indonesia merupakan negeri yang kaya.
Nah itulah langkah dalam menentukan kalimat utama, gagasan utama dan simpulan teks. emoga bermanfaat.


BAGAIMANA CARA MENENTUKAN GAGASAN UTAMA SEBUAH ARTIKEL?

Ada dua cara untuk menentukan gagasan utama sebuah artikel yakni:

a. Cara pertama yaitu kita temukan terlebih dahulu pokok utama atau ide utama atau gagasan utama di tiap-tiap paragraf. Kemudian dirangkum menjadi satu lalu ambil menjadi sebuah kesimpulan.

b. Cara kedua yaitu kita membaca dan memahami semua paragraf dengan cermat lalu mengambil kesimpulan.

Cara kedua biasanya lebih kita sukai karena tidak butuh waktu yang lama untuk melakukannya terutama bagi kita yang sudah terbiasa membaca artikel. Akan tetapi untuk bisa lebih akurat, hendaknya kita menggunakan cara yang pertama namun akan memakan waktu yang lebih lama.


🙅MENYIMPULKAN FUNGSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

Laporan hasil pengamatan untuk memenuhi tugas mata pelajaran yang kamu susun selama ini merupakan salah satu fungsi teks laporan hasil observasi. Hal ini berarti teks tersebut dimaksudkan untuk memberitahukan atau menjelaskan kegiatan pengamatan yang dilakukan. Hasil observasi terhadap suatu objek juga dapat berfungsi untuk memberitahukan kepada pihak berwenang atau terkait suatu informasi. 

Selanjutnya, informasi tersebut dapat dijadikan sebagai dasar penyusunan kebijakan. Salah satu contohnya adalah teks laporan hasil observasi kerusakan lingkungan. Selain itu, banyak teks laporan hasil observasi yang dapat dijadikan bahan informasi untuk berbagai kepentingan. Teks laporan hasil observasi secara umum juga berfungsi sebagai alat pendokumentasian suatu objek atau suatu kegiatan.


No comments:

Post a Comment

STRUKTUR DAN ANALISIS CERPEN

STRUKTUR CERPEN Struktur cerita pendek secara umum dibentuk oleh (1) bagian pengenalan cerita, (2) penanjakan menuju konflik, (3) puncak ko...