Sunday, November 1, 2020

Mengkritisi Teks Anekdot dari Aspek Makna Tersirat

 Menyampaikan Ide Melalui Anekdot

Pertama kali yang harus kamu pahami perihal materi teks anekdot ialah definisi teks anekdot itu sendiri. Mengacu kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia, teks anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya.

Dengan kata lain, teks anekdot berisikan cerita fiksi yang disajikan berdasarkan kisah dari kehidupan nyata dan biasanya melibatkan orang terkenal. Teks ini dulu cukup populer pada saat media massa cetak masih berjaya. Sebab, teks anekdot menjadi salah satu bagian rubrik hiburan para pembaca.

Mengkritisi Teks Anekdot dari Aspek Makna Tersirat

Pengertian dan Fungsi Teks Anekdot

Salah satu cerita lucu yang banyak beredar di masyarakat adalah anekdot. Anekdot digunakan untuk menyampaikan kritik, tetapi tidak dengan cara yang kasar dan menyakiti. 

Anekdot ialah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan. Anekdot mengangkat cerita tentang orang penting (tokoh masyarakat) atau terkenal berdasarkan kejadian yang sebenarnya.

Kejadian nyata ini kemudian dijadikan dasar cerita lucu dengan menambahkan unsur rekaan. 

Seringkali, partisipan (pelaku cerita), tempat kejadian, dan waktu peristiwa dalam anekdot tersebut merupakan hasil rekaan.

Batasan anekdot

Anekdot adalah sebuah cerita pendek yang berisi sebuah sindiran terhadap sesuatu atau seseorang yang dilengkapi dengan humor.

Isi pokok anekdot

Isi pokok dari sebuah teks anekdot adalah sebuah sindirian pada suatu hal atau pada seseorang.

Fungsi anekdot

Fungsi dari anekdot adalah sebuah hiburan atau intermezzo yang dilengkapi dengan sebuah sindiran terhadap suatu hal.

Setelah kalian mempelajari pengertian dan fungsi teks anekdot, cobalah menganalisis isi pokok teks anekdot  Cara Keledai Membaca Buku. Buktikanlah anekdot tersebut berisi kritik terhadap suatu masalah atau tokoh politik yang disampaikan secara halus melalui humor singkat.

Makna tersurat dalam sebuah teks adalah makna yang mudah dipahami dari sebuah teks, karena makna tersebut terdapat atau dituliskan dalam teks tersebut.

Makna tersirat dalam sebuah teks adalah makna yang tidak disampaikan secara terbuka dari sebuah teks. Jadi, pembaca harus membaca keseluruhan sebuah teks untuk menemukan makna tersiratnya.

Contoh teks yang mengandung makna tersurat dan tersirat:Ratna berjalan dengan tenang, kepalanya menunduk. Langkahnya pelan dan tak peduli sesekali kakinya terkena batu. Tangannya menggenggam erat sebuah kertas. Kertas itu adalah sebuah surat yang ia terima tadi pagi. 

Makna tersirat dari penggalan teks di atas adalah Ratna dengan bersedih karena ia berjalan dengan menunduk dan tidak peduli kakinya yang terkena batu.

Makna tersurat adalah informasi yang tertulis dalam suatu bacaan.Contoh pada teks di atas, informasi tersurat adalah Ratna sedang menggenggam erat sebuah surat yang ia terima tadi pagi.

Makna tersirat pada teks anekdot lebih mengarah pada pesan moral yang hendak disampaikan yang dapat dirunut dari kritikan atau sindiran yang disampaikan lewat anekdot.


Contoh pada teks anekdot 'Kisah Pengadilan Tindak Pidana Korupsi'

Pada puncak pengadilan korupsi politik, Jaksa penuntut umum menyerang saksi. “Apakah benar,” teriak Jaksa, “Bahwa Anda menerima lima ribu dolar untuk berkompromi dalam kasus ini?”

Saksi menatap keluar jendela seolah-olah tidak mendengar pertanyaan. “Bukankah benar bahwa Anda menerima lima ribu dolar untuk berkompromi dalam kasus ini?” ulang pengacara.

Saksi masih tidak menanggapi.

Akhirnya, hakim berkata, “Pak, tolong jawab pertanyaan Jaksa.”

“Oh, maaf.” Saksi terkejut sambil berkata kepada hakim, “Saya pikir dia tadi berbicara dengan Anda.”

Makna tersirat dari teks anekdot di atas adalah orang-orang yang memiliki banyak uang sangat menyepelekan hukum.

Sedangkan makna tersurat, dari membaca teks tersebut dapat kita temukan informasi-informasi yang ada, seperti tersangka adalah seseorang yang menerima lima ribu dolar untuk berkompromi dalam suatu kasus.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya.


Mengidentifikasi Makna Tersirat Anekdot

  1. Membaca teks anekdot dengan saksama
  2. Menganalisis pesan, kritik, ataupun nasihat dengan menilai tindakan ataupun dialog yang disampaikan tokoh.
  3. Menyimpulkan makna tersirat berupa pesan, kritik, ataupun nasihat dari cerita.


Menyimpulkan Makna Tersirat dalam Anekdot

Langkah-Langkah Menentukan Makna Tersirat Anekdot.

  1. Membaca secara keseluruhan teks anekdot.
  2. Memahami unsur-unsur dalam teks anekdot.
  3. Menangkap aspek lucu, konyol, dan jengkel dalam teks anekdot.
  4. Menangkap makna tersirat berupa kalimat sindiran atau amanat dari anekdot tersebut.

No comments:

Post a Comment

STRUKTUR DAN ANALISIS CERPEN

STRUKTUR CERPEN Struktur cerita pendek secara umum dibentuk oleh (1) bagian pengenalan cerita, (2) penanjakan menuju konflik, (3) puncak ko...