Sudah tahukah kamu apakah itu sebuah surat lamaran kerja? Jika belum tahu apa yang dimaksud dengan surat lamaran kerja, maka kamu bisa menyimak penjelasan dari kami tentang definisi surat lamaran kerja atau arti surat lamaran kerja dalam artikel ini. Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian surat lamaran kerja beserta bagian bagian surat lamaran kerja, cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar dan contoh surat lamaran kerja.
Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan
Jenis Surat Lamaran Pekerjaan
- Yang bertanda tangan di bawah ini saya,
- Berdasarkan iklan yang dimuat pada harian Kompas, 20 Juni 2020 tentang informasi lowongan pekerjaan, maka dengan ini saya.....
- Sehubungan dengan iklan yang dimuat pada harian Republika, 20 Mei 2020 tentang informasi lowongan pekerjaan, maka dengan ini saya....
- Titi mangsa ( tempat dan tanggal penulisan surat)
- Hal dan Lampiran
- Alamat yang dituju
- Salam Pembuka
- Isi surat :kalimat pembuka, identitas pelamar,maksud dan tujuan, syarat yang dilampirkan, kalimat penutup.
- Salam Penutup
- Tanda tangan dan nama pelamar
· 2. Pas
foto
· 3.Kartu
tanda penduduk (KTP)
· 4.Fotokopi
ijazah
· 5.Surat
keterangan sehat dari dokter
· 6.Surat
kelakuan baik dari kepolisian
· 7.Surat
referensi, misalnya dari rekan kerja atau mantan atasan pelamar.
Referensi
adalah kesaksian mengenai keadaan diri pelamar, misalnya kepribadian,
kejujuran, kecakapan, dan kerajinan. Umumnya diberikan oleh atasan atau tokoh
yang mempunyai kedudukan penting,
seperti kepala sekolah atau pejabat pemerintah.
Contoh penulisan lampiran :
Benar Salah
Lampiran : satu berkas Lamp. : satu berkas
Lampiran :
tiga lembar Lampiran :
3 (tiga) lembar
Lampiran :
10 lembar Lampiran :
10 lembar.
4. Alamat Surat
Ada dua macam alamat, yaitu alamat
luar dan alamat dalam.
1) 1) Alamat luar
Al Alamat luar adalah alamat yang ditulis pada sampul surat. Berfungsi sebagai penunjuk bagi petugas pos dalam menyampaikan surat itu. Alamat ini harus ditulis secara jelas dan benar agar tidak terjadi kesalahan saat pengiriman. Surat yang penulisan alamat dan nama perusahaannya tidak ditulis dengan benar mungkin saja masih bisa sampai ke tempat tujuan, namun hal ini memberikan kesan yang tidak baik bagi pelamar dan dianggap ceroboh. Maka dari itu pelamar harus mencari informasi tentang nama dan alamat perusahaan yang dituju. Tidak sedikit juga perusahaan atau pemasang iklan lowongan kerja yang hanya mencantumkan alamat PO BOX. Hal ini bertujuan untuk merahasiakan alamatnya dengan maksud si pelamar tidak mendatangi langsung alamat tersebut. Pelamar juga perlu berhati hati dengan iklan yang menggunakan alamat PO BOX karena sering terjadi penipuan oleh pemasang iklan.
Contoh
penulisan alamat luar :
a. Kepada b. Kepada
PT Prima Auto Grupindo PO BOX 4791
u.p. HRD & GA Department Jakarta 10047
Jalan Letjen S. Parman Kav. N-4
Slipi Jakarta
11480
Hal yang
perlu diperhatikan dalam penulisan alamat luar :
- Penulisan alamat tidak boleh diakhiri dengan tanda titik.
- Alamat
surat yang ditujukan langsung pada nama perusahaan atau pada alamat PO BOX
tidak perlu menggunakan sapaan Yang
terhormat atau yth. Sebagai
contohnya, perhatikan kedua penulisa alamat di atas. Sapaan-sapaan tersebut
perlu digunakan apabila alamat surat ditujukan kepada orang, misalnya direktur,
manajer, kepala bagian personalia.
- Apabila
jenis kelamin pihak terkirim tidak diketahui penggunaan kata sapaan, seperti bapak atau ibu, harus dihindari. Seperti pada contoh-contoh di atas, karena kita tahu jenis kelamin dari manajer
ataupun kepala divisinya itu, kata sapaan Bapak atau Ibu tidak perlu digunakan.
Kata-kata sapaan itu bisa digunakan apabila kita sudah mengetahui jenis kelamin orang itu secara
pasti.
Contoh : Kepada
Yth. Ibu
Fatimah Hassan, S.E.
Manajer
Personalia
PT Mega
Indah Nusantara
Jalan
Soekarno Hatta No. 112A Bandung
2) Alamat dalam
Alamat dalam adalah alamat yang
ditulis langsung pada kertas surat. Berfungsi sebagai pengontrol bagi penerima
surat bahwa dirinyalah yang berhak menerima surat itu. Bagi pengirim surat,
alamat dalam berfungsi untuk mengetahui kecocokan alamat yang dituju sewaktu
proses pemasukan surat ke dalam surat. Perbedaan penulisan alamat surat dalam
dan surat luar yaitu pada penulisan kata kepada.
Alamat dalam tidak perlu tidak perlu didahului kata kepada.
Perhatikan
contoh berikut.
a) PT Prima Auto Grupindo b) Yth. HRD Manajer
u.p. HRD & GA Department PO BOX 4423 JKP 10044
Jalan Letjen S. Parman Kav. N-4
Slipi Jakarta
11480
c) Yth. Kepala SMA Citra Persada
Jalan Mayasari Dalam No. 10 Jakarta
Selatan
5. Salam Pembuka
Berfungsi sebagai penghormatan terhadap pihakyang dituju. Salam pembuka yang lazim digunakan dalam surat lamaran kerja adalah Dengan hormat. Apabila surat itu menggunakan bahasa Inggris, kata sapaan yang lazim digunakan adalah dear, dear sir, dear sirs.Dalam hal ini, salam pembuka diawali dengan huruf kapital dan Contoh penulisan :
Benar Salah
Dengan hormat, Dengan
Hormat,
Dear Sir, Dengan
hormat.
Dear Sirs, dengan
hormat,
Catatan :
Kata sir dan sirs dalam contoh di atas menggunakan huruf kapital karena kata itu
termasuk kata sapaan.
6. Isi Surat
Secara umum, isi surat lamaran pekerjaan terbagi atas tiga bagian, yakni alinea pembuka, alinea isi, dan alinea penutup.
1) Alinea pembuka
Alinea pembuka berfungsi
sebagai pengantar isi surat. Alinea pembuka hendaknya bisa membangkitkan minat
penerima surat untuk mau membaca lamaran itu lebih lanjut. Susunlah alinea
pembuka itu dengan menarik. Gunakanlah pilihan kata yang tepat, susunan kalimat
yang sesuai, dan ejaan yang benar.
Uraian dalam alinea pembuka pada umumnya berisi:
1. Dasar pengiriman surat, misalnya karena adanya informasi tentang lowongan kerja di suatu media;
· 2. Penyampaian
maksud untuk melamar pekerjaan;
· 3. Penjelasan tentang jenis pekerjaan yang diminati.
Pada bagian ini, kutiplah sumber-sumber lowongan kerja itu secara lengkap dan benar. Kalau informasi berdasarkan surat kabar, cantumkan media massa itu lengkap dengan nomor edisinya. Demikian halnya apabila informasi itu bersumber dari radio atau televisi, cantumkan nama medianya itu secara jelas beserta waktu penyiarannya.
Contoh:
(1) Sehubungan dengan iklan yang dimuat dalam
Harian Umum Sinar Nusantara 25 April 2017 tentang lowongan kerja, saya yang
bertanda tangan dibawah ini …
(2) Karena tertarik dengan iklan lowongan kerja
di Radio MQ FM pada hari Rabu, 19 Juni 2017, pukul 12.45, dengan ini saya
melamar pekerjaan yang ditawarkan. Sesuai dengan bidang keilmuanj saya,
pekerjaan yang saya lamar adalah sebagai tenaga pengajar Bidang Studi Sejarah.
(3) Baru-baru ini saya dengar dari Bapak Asep Darmawan,
salah seorang karyawan Bapak, yang menyatakan bahwa ada lowongan kerja untuk
pembukuan pada perusahaan Bapak. Karena itulah, saya menyampaikan surat ke
hadapan Bapak untuk melamar pekerjaan tersebut.
(4) Saya sangat mengharapkan adanya kemungkinan
kesempatan dapat bekerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Karena itu,
saya mengajukan lamaran untuk bisa bekerja di perusahaan Bapak/Ibu tersebut.
2) Alinea Isi
Berikut beberapa contoh alinea isi.
Contoh 1
a. ….
nama lengkap : Ayu Endramurni
tempat, tanggal lahir : Semarang, 11 November 1994
alamat : Jalan Sukamaju No. 14, Semarang.
Saya
lulusan SMA Negeri 1 Semarang dan telah lulus kursus bahasa Inggris pada LPK
Triguna Semarang setara D-3. Walaupun belum berpengalaman bekerja, berkat
pelajaran dan latihan di sekolah dan selama kursus, saya yakin akan dapat
bekerja sesuai dengan yang Bapak/Ibu harapkan.
b. Nama saya El-Islam Purnama Alam. Saya
lulusan Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), jurusan Ekonomi
Islam, tahun 2017. Usia saya 23 tahun. Saya berpengalaman dalam bidang
pemasaran selama tiga tahun dan dapat berbahasa Inggris secara aktif. Selain
itu saya pun pernah kursus akuntansi selama satu tahun.
Untuk memenuhi persyaratan dalam
iklan Bapak tersebut, bersama ini saya lampirkan daftar riwayat hidup, salinan
ijazah terakhir, beberapa salinan sertifikat dan keterangan pengalaman kerja.
Saya bersedia ditempatkan di Jakarta ataupun tempat-tempat lainnya yang dikehendaki.
Identitas pelamar meliputi
1. nama,
· 2. jenis
kelamin,
· 3. usia,
· 4. alamat,
dan
· 5. pendidikan.
Penyusunan
isi surat yang baik harus memenuhi ketentuan-ketentuan berikut.
· 1. Tetapkan
urutannya secara sistematis dan logis.
· 2. Gunakanlah
informasi/fakta secara benar, akurat, dan lengkap.
· 3. Susunlah
ke dalam beberapa alinea dan setiap alinea hanya mewakili satu gagasan utama.
· 4. Hindari
pemakaian kata atau ungkapan yang membanggakan diri ataupun yang merendahkan
diri secara berlebihan.
· 5. Hindarkan
pula pemakaian akronim dan singkatan –singkatan yang tidak lazim.
· 6. Gunakanlah bahasa yang lugas, sopan, dan menarik.
Isi
surat lamaran harus ditulis dengan gaya yang menarik dan dapat memberikan
keyakinan kepada penerimanya bahwa pelamar mempunyai kecakapan, kemampuan,
serta kesungguhan untuk bekerja dengan baik. Pelamar harus berusaha mendapatkan
kepercayaan penerima lamaran. Isi surat lamarn harus singkat, padat, tidak
bertele-tele, dan langsung pada persoalannya.
3) Alinea Penutup
Dapat berupa harapan atau ucapan terima kasih. Berikut beberapa contoh kalimat penutup.
(1)
Mudah-mudahan kemampuan dan pengalaman-pengalaman saya itu sesuai dengan
harapan-harapan Bapak/Ibu. Apabila dikehendaki, saya pun bersedia diwawancara
atau dites.
(2)
Saya berharap jawaban atas lamaran ini segera saya terima.
(3) Saya menunggu jawaban dari Ibu/Bapak atas lamaran ini.
7.
Salam Penutup
Salam penutup yang lazim dalam surat lamaran pekerjaan adalah hormat saya dan dapat juga digunakan wasalam. Dalam bahasa Inggris, dapat digunakan ungkapan yours faithfully atau yours sincerely. Tata cara penulisan salam penutup hampir sama dengan salam pembuka, yakni diawali dengan huruf capital dan diakhiri dengan tanda koma.
Contoh:
Benar Salah
Hormat
saya, Hormat
saya,
Wasalam, Wasalam.
Yours faithfully, yours faithfully
8.
Tanda Tangan dan Nama Jelas Pengirim
Pengirim surat adalah pihak yang
menulis atau menyampaikan surat. Dalam hal ini, penulis surat disebut sebagai
pelamar. Pengirim surat harus harus selalu membubuhkan tanda tangan. Pembubuhan
tanda tangan. Pembubuhan tanda tangan merupakan bukti pertanggungjawaban
penulis surat atas surat yang surat yang dibuatnya itu. Selain itu, tanda
tangan berfungsi sebagai tanda keabsahan surat tersebut.
Dalam penulisan nama pengirim nama
pengirim, hindarilah penyingkatan-penyingkatan. Karena itu, tuliskanlah nama
diri pelamar secara jelas dan lengkap;
termasuk gelar yang dimiliki.
Contoh penulisan pengiriman surat:
Benar Salah
Pelamar, Pelamar,
(tanda tangan) (tanda tangan)
Ayu Endramurni A. Endramurni
No comments:
Post a Comment