Wednesday, July 15, 2020

SURAT LAMARAN PEKERJAAN ( PERTEMUAN 2)

Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Kerja 

Ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan dalam surat lamaran pekerjaan terkait dengan bahasa yang digunakan adalah sebagai Berikut.
1. Bahasa surat adalah bahasa yang baik dan benar, dan penulisannya menggunakan bahasa baku.
2. Bahasa surat menggunakan kata-kata yang sopan.
3. Bahasa surat berisi kata pengantar yang jelas, singkat, padat, informatif, dan tepat sasaran.
4. Bahasa surat tampak dari tulisan yang bersih, mudah dibaca, sesuai dengan kaidah ejaan.
5. Melengkapi bagian-bagian surat dengan norma bahasa surat (seperti penulisan unsur hal, tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, dan nama terang).

Adapun ciri-ciri bahasa baku dalam penulisan surat lamaran adalah :

1.  Tidak dipengaruhi bahasa daerah

      Baku

      a.  Saya mengucapkan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

      b.  Saya berharap Bapak/Ibu dapat menerima lamaran ini dengan baik.

     

      Tidak Baku

      a.  Saya menghaturkan terima kasih atas perhatian bapak/ibu.

      b.  Saya mengucapkan terima kasih karena bapak/ibu sudah nerima saya.

2.  Bukan merupakan ragam bahasa percakapan

     Baku

a.  Latar belakang pendidikan dan minat saya sesuai dengan lowongan kerja tersebut.

b.  Oleh karena itu, melalui surat lamaran ini, saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut.

 

Tidak Baku

a.  Latar belakang pendidikan dan minat saya sangat sesuai sama lowongan kerja tersebut.

b. Oleh karena itu, melalui surat lamaran ini, saya akan bermaksud melamar pekerjaan   tersebut

3.  Pemakaian imbuhan eksplisit

Baku

a. Saya membaca iklan lowongan kerja dalam harian Kompas,13 Mei 2020 tentang informasi lowongan kerja.

b. Iklan tersebut sangat menarik karena itu segera saya menulis untuk melamar pekerjaan tersebut.

 

Tidak Baku

a. Saya baca iklan lowongan kerja dalam harian Kompas,13 Mei 2020 tentang informasi lowongan kerja

b. Iklan tersebut sangat menarik karena itu segera saya tulis untuk melamar pekerjaan tersebut.

4.  Unsur-Unsur kalimat harus lengkap

      Baku

      a.  Saya pernah bekerja di perusahaan asing sebagai manajer selama dua tahun.

      b.  Saya lulusan Universitas Diponegoro jurusan Bahasa Indonesia tahun 1990.

     

      Tidak Baku

      a.  pernah bekerja di perusahaan asing sebagai manajer selama dua tahun.

      b.  lulusan Universitas Diponegoro jurusan Bahasa Indonesia tahun 1990.

 

5.  Pemakaian hubungan kata sesuai dengan konteks kalimat.

      Baku

      a. Dengan ini, saya menyampaikan permohonan lamaran kerja untuk dapat diterima di    perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

      b. Informasi yang saya simak dari RRI Semarang, 2 Februari 2020, telah mendorong saya untuk mengajukan surat lamaran ini.

 

      Tidak Baku

      a. Bersama ini, saya menyampaikan permohonan lamaran kerja untuk dapat diterima di   perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

      b.  Informasi yang saya simak daripada RRI Semarang, 2 Februari 2020, telah mendorong saya untuk mengajukan surat lamaran ini.

6.  Tidak rancu

      Baku

      a. Pengalaman kerja saya peroleh selama satu tahun sebagai karyawan pada bagian kepegawaian di CV Sumber Rejeki di Surakarta.

      b. Bersama surat ini, saya melampirkan satu berkas surat dan berbagai keterangan untuk dijadikan pertimbangan Bapak/Ibu.

     

      Tidak Baku

      a. Sebagai karyawan pada bagian kepegawaian di CV Maju Makmur di Semarang, itu pengalaman yang saya peroleh selama satu tahun.

      b. Bersama surat ini satu berkas surat saya lampirkan satu berkas surat dan berbagai keterangan untuk dijadikan bahan pertimbangan Bapak/Ibu.

7.  Tidak mengandung Pleonasme (berlebihan)

      Baku

      a. Saya lulusan dari fakultas sastra jurusan Bahasa Indonesia Universitas Diponegoro tahun 1989.

      b. Atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

 

      Tidak Baku

a. Saya  alumni lulusan dari fakultas sastra jurusan Bahasa Indonesia Universitas Diponegoro tahun 1989.

      b. Atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih.

 

Di samping harus memperhatikan kebakuan kata dan keefektifan kalimat, bahasa dalam surat lamaran pekerjaan memiliki kaidah-kaidah sebagai berikut.

      1.  Menggunakan kata ganti tunggal saya.

            Contoh: Saya lulusan UNJ jurusan bahasa Indonesia tahun 1990.

2.  Menggunakan kata sapaan orang kedua sebagai bentuk penghormatan, dan penulisannya         dengan huruf kapital di awal kata.

            Contoh : Atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

      3.  Menggunakan kalimat yang menyatakan tujuan.

      Contoh : Oleh karena itu, melalui surat ini saya bermaksud melamar pekerjaan di    perusahaan yang Bapak /Ibu pimpin.

4.  Menggunakan kalimat yang menyatakan rincian yang berkaitan dengan identitas diri dan syarat-syarat yang dilampirkan dalam surat lamaran.Penulisan rincian dengan huruf kecil.

      Contoh :

      a.  Adapun identitas saya adalah :

          nama lengkap                      : Intan Anggraeni, S.Pd.

          tempat, tanggal lahir           : Bekasi, 21 Oktober 1998

          alamat                                  : Jalan Anggrek No. 25 Bekasi

      b. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :

          1. fotokopi ijazah sarjana;

2. fotokopi KTP;

3. SKCK;

4. daftar riwayat hidup

5. pasfoto ukuran 3x4 ( dua lembar)

5.  Menggunakan kalimat persuasif ( pengharapan ) dan ucapan terima kasih.

     Contoh :

a. Demikian surat lamaran ini saya sampaikan dengan harapan Bapak/Ibu mengabulkan permohonan saya.

b.  Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.


 

    CONTOH SURAT LAMARAN PEKERJAAN

Medan, 26 Juni 2019

Hal : Lamaran Pekerjaan

Yth. Pimpinan
PT Bank Rakyat Indonesia
Cabang Kab. Langkat
Jalan Jendral Sudirman No. 31
Kabupaten Langkat 20185

Dengan hormat,

Sehubungan dengan infomasi lowongan kerja di BRI yang ada di website lowongan kerja nomis.id, tanggal 19 juni 2019, dengan ini saya ingin melamar pekerjaan sebagai Teller di PT Bank BRI,Tbk yang Bapak/Ibu Pimpin.

Data diri saya sebagai berikut:

nama                              : Risky Daulay
tempat, tanggal lahir   : Medan, 29 Maret 1993
pendidikan terakhir      : D3-Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan
alamat                            : Jl. Almamater No.1, Padang Bulan, Medan Baru

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:
1. daftar riwayat hidup
2. fotokpi ijazah terakhir;
3. fotokopi transkrip nilai;
4. fotokopi sertifikat komputer;
5. fotokopi KTP;
6. pas foto 4×6 ( dua lembar );
7. surat pengalaman kerja.

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan harapan saya dapat kesempatan ke tahap selanjutnya. Atas Perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ttd.

Risky Daulay



No comments:

Post a Comment

STRUKTUR DAN ANALISIS CERPEN

STRUKTUR CERPEN Struktur cerita pendek secara umum dibentuk oleh (1) bagian pengenalan cerita, (2) penanjakan menuju konflik, (3) puncak ko...