Monday, July 27, 2020

MENYUSUN TEKS PROSEDUR KELAS XI (PERTEMUAN KE 4)

Menyusun Teks Prosedur

Saat hendak merancang tahapan-tahapan dalam teks prosedur. Yang harus diketahui adalah langkah penulisan berikut ini langkah penulisan dalam membuat teks prosedur yang baik dan benar.

1.   Menentukan topik apa yang akan dibuat

2.   Mengumpulkan sumber informasi dan menulis kerangka karangan

3.   Mengembangkan informasi yang telah didapat dan memikirkan langkah-langkahnya

4.   Menentukan judul

5.   Menyusun teks prosedur kompleks secara utuh

Kesejajaran atau paralelisme dalam kalimat ialah bentuk-bentuk tulisan yang mempunyai kemiripan dan kesamaan kontruksi dalam susunan serial kalimat atau paragraf. Bagian-bagian yang merupakan unsur penyusunan kalimat atau paragraf dipilih dari bentuk-bentuk yang memiliki kemiripan atau kesamaan kontruksinya. Jika sebuah gagasan dalam suatu kalimat dinyatakan dengan frasa, gagasan-gagasan lainnya yang sederajat juga harus dinyatakan dengan frasa. Jika sebuah gagasan dalam kalimat dinyatakan dengan nomina berafiks (pe-an) gagasan lainnya yang sederajat harus dinyatakan dengan nomina berafiks (pe-an). Demikian juga dalam teks prosedur gagasan dalam kalimat dinyatakan dengan kata kerja, selanjutnya harus dinyatakan dengan kata kerja. Perhatikan contoh-contoh berikut.

1.   Teks prosedur ditulis secara runut diawali penulisan tujuan, pemaparan bahan dan alat, serta penjelasan langkah-langkah kerja (efektif). Teks prosedur ditulis secara runtun diawali dengan menuliskan judul, pemaparan bahan dan alat, serta dijelskan langkah-langkah kerja (tidak efektif).

2.   Langkah-langkah membuat kapal-kapalan dari kertas:

Pertama, melipat kertas

Kedua, menggunting kertas

Pertama, lipat kertas

Kedua, guntinglah kertas

 

Contoh menyusun teks prosedur


 


No comments:

Post a Comment

STRUKTUR DAN ANALISIS CERPEN

STRUKTUR CERPEN Struktur cerita pendek secara umum dibentuk oleh (1) bagian pengenalan cerita, (2) penanjakan menuju konflik, (3) puncak ko...